LSIN: Independensi dan Profesionalisme Jadi Hal Krusial Bagi PBNU Era Gus Yahya

Sejumlah tantangan  menanti Ketum periode 2021-2026 KH Yahya Cholil Staquf dalam memimpin PBNU. Salah satu yang dapat menjadi fokus Gus Yahya soal profesionalisme pengelolaan organisasi PBNU.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif LSIN, Yasin Mohammad merespons terpilihnya Gus Yahya sebagai Ketua Umum PBNU periode 2021-2026 dalam Muktamar NU yang digelar di Lampung beberapa waktu lalu.

“Disektor eksternal idealisme, kemandirian, independensi dan profesionalisme pengelolaan organisasi juga hal krusial bagi PBNU di era Gus Yahya,” kata Yasin, Minggu, (26/12/2021).

Yasin menjelaskan, maksud eksternal substansial tentu adalah pada soal bagaimana penugasan Gus Yahya dalam membangun performa publik PBNU melalui bentuk edukasi.

“Sikap- sikap keorganisasian dalam kebangsaan keislaman dan keindonesiaan dan tentunya solusi solusi alternatif PBNU menjawab berbagai masalah krusial bangsa seperti keberagaman, toleransi, keadilan, kesejahteraan, penegakan hukum dan persoalan lingkungan juga persoalan persoalan kebangsaan lainnya,” tegas Yasin.

Sedangkan dari sisi internal, kata Yasin, masalah prosedural dan substansial menjadi sangat penting bagi pengurus PBNU di bawah kepemimpinan Gus Yahya.

“Termasuk juga perbaikan-perbaikan eksternal substansial dan prosedural di tubuh PBNU butuh kerja keras,” jelas Yasin.

Gus Yahya, lanjut Yasin, juga harus melakukan penguatan dari sisi transparansi, partisipasi dan jalannya roda organisasi.

“Dengan mengedepankan pengambilan keputusan yang demokratis, tentu menjadi hal mendasar penguatan internal PBNU,” jelas Yasin.

Yasin melanjutkan, secara internal substantif dalam hal kaderisasi dan ideologi NU juga harus mendapatkan perrhatian dari Gus Yahya.

“Polarisasi, keterlibatan NU dipolitik selama beberapa tahun terakhir menjadi tantangan tersendiri bagi Gus Yahya perbaikan,” tandas Yasin.

Share:


Related Posts

Pancasila dan Gotong Royong

Sebelum merdeka dan menjadi negara, bangsa Indonesia telah melewati sejarah ratusan hingga ribuan...

Membedah Simulasi 4 Pasangan Capres-Cawapres Pilpres 2024

Melihat dinamika situasi politik terkini, dimana terbentuk koalisi Parpol jelang Pilpres 2024. Terbaru...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website